Syaikh Al-Muhadits Al-Musnad Abu Hafs Umar ibn Hamdan Al-Madani Al-Makki (1292 H - 1368 H) / (1875- 1949)
Jika
melihat sanad keilmuan para tokoh ulama nusantara dan negara-negara
muslim lain yang pernah belajar di Makkah atau Madinah pada pertengahan
abad ke 20, hampir pasti anda akan menemukan nama Syaikh Umar Hamdan di
dalamnya. Beliau memang salah seorang ulama terkemuka dan tokoh penting
masa itu
Tak
menghairankan jika namanya selalu disebut apabila kita membaca
bahan-bahan tentang pengajaran ilmu-ilmu keislaman di masa itu.
Sebagaimana abad-abad sebelumnya, Makkah menjadi salah satu pusat
keilmuan yang menonjol, yang sentral kegiatannya berlangsung di Masjidil
Haram.
Syaikh
Umar Hamdan, atau lengkapnya Syaikh Umar bin Hamdan bin Umar bin Hamdan
bin Ahmad Al-Mahrasi lahir di Jirbah, Tunisia, pada tahun 1292H
(1875M). Melihat tahun kelahirannya, beliau seangkatan dengan Habib Ali
bin Abdurrahman Al-Habsyi, Habib Alwi bin Thohir Al-Haddad, Hadhratusy
Syaikh K.H. Hasyim Asy'ari, Syaikh Sulaiman Ar-Rasuli, dan banyak lagi
tokoh ulama terkemuka lainnya. Sebahagian mereka mempunyai guru yang
sama. Aktiviti keilmuan Syeikh Umar Hamdan dilalui dalam masa yang
panjang dan melewati berbagai kota dan negeri. Saat berusia 7 tahun,
beliau dibawa ayahnya berangkat ke ibu kota negara yang terletak di
Afrika Utara itu, iaitu kota Tunis.
Beliau
adalah Abu Hafs Umar ibn Hamdan ibn Umar ibn Hamdan al-Mahrasi
At-Tunisi Al-Maghribi al-Madani Al-Maki rahimahullahu, lahir di Maroko
pada tahun 1292 H dan meninggal di Madinah tahun 1368 H/1949 M.
Keluarganya hijrah ke Madinah dari negerinya sehingga Syaikh bisa banyak
belajar kepada beberapa Masyaikh Besar di kota itu.
Beliau
tumbuh dalam lingkungan keluarga yang dikenal keilmuan dan
keutamaannya. Sejak kecil beliau telah mempelajari ilmu-ilmu agama,
dimulai dengan mempelajari dan menghafal Al-Quran serta mendalami
tajwidnya kepada Syaikh Al-Manbaji. Lalu beliau mempelajari dasar-dasar
ilmu agama yang lain daripada para ulama di sana.
Pada tahun 1303H (1886M) dalam usia 11 tahun, beliau berhijrah bersama ayahnya ke Makkah dan sekaligus menunaikan haji.
Tahun
berikutnya beliau diajak ayahnya berhijrah ke Madinah Al-Munawwarah.
Beliau merasa senang dan sesuai tinggal di kota Rasulullah shollallahu
'alaihi wa alihi washohbihi wasallam itu. Di Masjid Nabawi beliau
menyempurnakan hafalan Al-Quran nya kepada Syaikh Ibrahim Ath-Tharudi
selama sekitar sati setengah tahun. Beliau juga mempelajari dan
menghafal kitab-kitab matan. Di antaranya, kepada Al-'Allamah As-Sayyid
Ahmad bin Ismail Al-Barzanji, mufti Syafi'i di Madinah, beliau belajar
kitab Mughni al-Labib, Alfiyyah Ibnu Malik (keduanya dalam ilmu nahwu,
'grammar' bahasa Arab) asy-Syifa' (karya Qadhi 'Iyadh), dan sebahagian
besar Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim. Selama 2 tahun beliau selalu
mengikuti pelajaran gurunya ini.
Syeikh
Umar Hamdan juga mengambil ilmu dari para tokoh ulama Madinah lainnya.
Antara lain, Syaikh Falih bin Muhammad Azh-Zhahiri Al-Mahnawi (mufti
Syafi'i di Madinah), Syaikh Muhammad Ali bin Zhahir Al-Watri Al-Madani,
Syaikh Abdul Jalil bin Abdus Salam Baradah, Sayyid Muhammad bin Ja'far
Al-Kattani, Syaikh Abdul Baqi Al-Anshari. Setiap mendengar kedatangan
seorang alim ke Madinah, ia segera menjumpainya, meminta ijazah dan
belajar kitab kepadanya.
Ketika
Syaikh Allamah Muhammad Al-Kattani datang ke Madinah, misalnya, ia
selalu menyertai dan mengambil ilmu darinya, meskipun saat itu beliau
telah dikenal sebagai seorang ahli dalam fiqh Maliki dan ilmu nahwu.
Rasa haus akan ilmu membuatnya tidak hanya belajar kepada para ulama
laki-laki, tapi juga kepada ulama perempuan. Di antaranya ia pernah
mengambil ilmu hadits dari Sayyidah Amatullah binti Abdul Ghani
Ad-Dahlawi. Demikian disebutkan oleh Syaikh Umar Abdul Jabbar ketika
menjelaskan riwayat hidup Syeikh Umar Hamdan dalam kitabnya, Siyar wa
Tarajim, halaman 230-234.
Tidak
puas hanya menimba ilmu di Madinah, beliau pun melakukan perjalanan ke
Mesir dalam pengembaraan keilmuannya. Guru-gurunya di sini antaranya
Syaikh Abdurrahman 'Ulaisy, Syaikh Muhammad Ibrahim As-Saqa, Syaikh
Abdul Mu'thi As-Saqa, Syaikh Muhammad Khaththab As-Subki As-Salafi,
Syaikh Ahmad Rafi' Ath-Thahawi, Syaikh Abu Muhsin Ali bin Muhammad
Al-Bablawi, Syaikh Muhammad Asy-Syafi'i Azh-Zhawahari, Syaikh
Abdurrahman Qara'ah (mufti Mesir), Qadhi Syaikh Muhammad Bakhit
Al-Muithi'i, Sayyid Khidhir bin Husain At-Tunisi.
Setelah
itu beliau kembali ke negerinya, Tunisia, untuk mengambil ilmu dari
para tokoh ulamanya yang terkenal. Beliau mengambil ilmu antara lain
daripada Syaikhul Islam Abu Hajib dan Syaikh Ath-Thayyib An-Nufair.
Beliau pun saling berbagai ilmu dengan para ulama di Universiti
Zaitunah, antaranya Syaikh 'Asyur, Syaikh Muhammad bin Mahmud, Syaikh
Bairam Ath-Thayyib.
TERCATAT DENGAN TINTA EMAS
Pengembaraan
ilmunya tak berhenti sampai di situ. Beliau terus ke Fez, Maghribi. Di
kota tua ini beliau berbagi ilmu antara lain dengan Sayyid Al-Mahdi
Al-Wazini. Beliau pun mengambil ilmu dari Sayyid Ahmad bin Al-Ma'mun
Al-Balghaitsi (wafat 1348H/1929M), pemimpin asyraf (jamak kata syarif,
keturunan Sayyidina Hasan, cucu Rasulullah s.a.a.w). Juga kepada Sayyid
Abdurrahman bin Zainan, Sayyid Abdul Kabir Al-Kattani dan saudaranya,
Sayyid Abdul Hayy Al-Kattani.
Dari
sana, beliau melanjutkan perjalanan ke Damsyik, Syria, untuk tujuan
yang sama. Antara para gurunya di sini ialah ahli hadits Sayyid
Badruddin Al-Hasani, juga Syaikh Abu An-Nadhr Al-Khattib, Syaikh 'Atha'
Al-Kasam, Syaikh Muhammad Abul-Khair Abidin.
Kemudian
beliau kembali ke Makkah untuk mengambil ilmu dari para ulama yang
mengajar di Masjidil Haram. Beliau mengambil ilmu antara lain dari
Sayyid Husain Al-Habsyi (mufti Syafi'i di Makkah, wafat tahun
1330H/1912M), Sayyid Bakri Syatha, dan Syaikh Sulaiman Hasbullah. Beliau
pun berbagi ilmu dengan Sayyid Abbas Al-Maliki (datuk Sayyid Muhammad
bin Alwi Al-Maliki), dan Syaikh Muhammad Ali Al-Maliki, juga tokoh besar
Makkah dan pernah mengadakan perjalanan ke Indonesia. Dalam masa ini
beliau mulai mengajar di Masjidil Haram dan Madrasah Al-Falah.
Pada
tahun 1343H (1924M), Syeikh Umar Hamdan pergi ke Aden (Yaman Selatan).
Di sini, di antaranya dengan perantaraan Sayyid Muhammad Zabarah, beliau
mengambil ilmu dari Imam Yahya Hamiduddin, pemimpin Yaman yang sangat
terkenal. dengan perantaraan tokoh ulama di atas juga, beliau mengambil
ilmu dari Qadhi Husain Al-'Amri.
Tak
puas tampaknya jika beliau tidak menimba ilmu di negeri para sayyid,
Hadhramaut. Maka beliau pun mengadakan perjalanan ke sana dan mengambil
ilmu dari para tokoh ulamanya, di samping juga mengajar di
masjid-masjidnya karena beliau sendiri telah menjadi tokoh ulama yang
disegani kerana ilmu dan pengalamannya.
Guru-gurunya
saat di Hadhramaut antaranya Habib Abu Abdillah Muhammad bin Salim
As-Siri, Habib Abdullah bin Hadun Al-Muhdhar, Habib Musthafa bin Ahmad
Al-Muhdhar (kekanda Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhar, Bondowoso),
Habib Muhammad bin Hadun Assegaf, Habib Syaikh bin Muhammad Al-Habsyi,
Habib Abdullah bin Thohir Al-Haddad (saudara Habib Alwi bin Thohir
Al-Haddad, mufti Johor). Beliau pun mengambil ilmu dari beberapa ulama
perempuan, yakni Habibah Sidah binti Habib Abdullah bin Husain bin
Thahir dan saudarinya yang lain, juga Habibah Khadijah binti Ahmad
Al-Muhdhar.
Demikianlah,
beliau selalu menggali dari berbagai sumber yang dapat ditemui, dan
berkelana dari satu tempat ke tempat lain. Memang begitulah tradisi dan
semangat keilmuan para ulama masa itu.
Di
mata guru-gurunya, Syeikh Umar Hamdan dikenal sebagai seorang yang
memiliki pemahaman ilmu yang bagus, kecermatan, dan penguasaan berbagai
disiplin ilmu. Selama di Madinah, beliau benar-benar tekun mendalami
sejumlah besar kitab induk dalam berbagai disiplin ilmu seperti tauhid,
fiqh, tasawuf, tafsir, sirah Nabawi, nahwu (sintaksis), sharaf
(morfologi), balaghah (sastera Arab) dan sebagainya, yang dikuasai
dengan sangat baik.
Semua
masalah ilmu beliau pelajari, bahkan hal-hal yang sangat mendetail pun
tak luput dari perhatiannya. Apa saja yang diucapkan gurunya,
diperhatikannya dengan baik. Dan tak jarang beliau mendebat dan
mempersoalkannya- tentu dengan cara yang santun.
Dari
perjalanannya yang panjang itu, jelaslah bahawa semua pusat ilmu di
Timur Tengah sudah dijelajahinya, dan tokoh-tokoh ulama terkemuka telah
ditemui dan diambil ilmunya. Gurunya tercatat hampir 100 orang, jumlah
yang tidak sedikit.
Beliau
dihargai dan dihormati sebagai salah satu panutan dalam keilmuan, baik
saat belajar mahupun mengajar. Sejarah telah mencatat namanya dengan
tinta emas.
ANTARA MAKKAH DAN MADINAH
Setelah
memiliki penguasaan ilmu yang luas dan mendalam dalam berbagai disiplin
ilmu, sebahagian besar waktunya dihabiskannya untuk mengajar. Uniknya,
ia membahagi waktunya antara Makkah dan Madinah. Di musim panas ia
mengajar di Madinah, dengan mengadakan halaqah ilmiah di Masjid Nabawi,
tidak jauh dari Raudhah. Halaqahnya merupakan salah satu dari halaqah
terbesar di masjid itu. Sedangkan di musim dingin, ia mengajar di
Masjidil Haram, Makkah, dengan mengajar Al-Kutubus Sittah (enam kitab
hadits induk).
Sejak
tahun 1343H (1924M), ia juga mengajar di Madrasah Ash-Shaulatiyah dan
kemudian di Madrasah Al-Falah, yang dijalaninya selama 5 tahun. Bukan
hanya di masjid dan di madrasah ia mengabdikan dirinya dalam bidang
keilmuan. Rumahnya pun tak ubahnya seperti sebuah madrasah, di situ
selalu diadakan diskusi masalah2 ilmu. Para ulama memenuhi kediamannya
berdiskusi tentang masalah2 keilmuan, termasuk riwayat hidup para perawi
hadits, perjalanan hidup dabn perjuangan ulama, dan karya2 mereka.
Tak
menghairankan jika jumlah muridnya banyak dan berasal dari berbagai
penjuru dunia. Antara mereka adalah Allamah Syaikh Ibrahim bin Daud
Al-Fathani (ulama terkemuka dari daerah Patani, Thailand Selatan),
Syaikh Muhammad Yasin Al-Fadani (tokoh ulama terkenal dan sangat
produktif, kebanggaan kaum muslimin Indonesia, yang meskipun kelahiran
Makkah, orang tuanya berasal dari Padang, (Sumatera Barat), juga ahli
falak Allamah Sayyid Ahmad bin Abdullah bin Shadaqah Dahlan (putra
Sayyid Abdullah Shadaqah Dahlan, ulama terkemuka kelahiran Makkah yang
wafat di Garut pada 1943M), Allamah Sayyid Hasan Al-Masysyath, Sayyid
Alwi bin Abbas Al-Maliki, Sayyid Amin Kutbi, Sayyid Muhammad Nur Kutbi.
Keseharian
Syeikh Umar Hamdan tak pernah lepas dari urusan keilmuan dan ibadah.
Beliau tak memikirkan dan peduli dengan urusan dunia, lebih dari tak
pedulinya anak-anak kecil terhadap urusan di luar mereka. Beliau telah
merasakan kenikmatan dari kegiatannya: belajar dan mengajar. Beliau juga
selalu mengisi waktu-waktunya di luar itu dengan membaca Al-Quran,
i'tikaf, dan muthala'ah kitab-kitab. Kesukaannya juga membeli
kitab-kitab lama, terutama yang berupa tulisan tangan.
Kesibukannya
mengajar di masjid, madrasah, dan rumah membuatnya tak sempat
menghasilkan karya, selain komentar-komentar singkat pada
kitab-kitabnya. Namun beliau memiliki catatan kecil tentang guru-gurunya
dan kitab-kitab yang dipelajarinya, yang dinamainya Ithaf Dzawi
al-'Irfan bi Ba'dh Asanid Umar Hamdan.
Salah
seorang muridnya, Syaikh Muhammad Yasin Al-Fadani, yang dikenal sebagai
Musnid Ad-Dunya kerana dipandang memiliki sanad-sanad keilmuan yang
terbanyak di dunia, juga menyusun kitab tentang sanad-sanad gurunya ini,
Mathmah Al-Wujdan fi Asanid Asy-Syaikh Umar Hamdan, dalam 3 jilid, yang
kemudian ia ringkas menjadi satu jilid, dengan judul Ithaf Al-Ikhwan bi
Ikhtishar Mathmah Al-Wujdan fi Asanid Asy-Syaikh Umar Hamdan.
Setelah
puluhan tahun mengabdikan dirinya dalam dunia keilmuan, pada 9 Syawwal
1368H (4 Agustus 1949 M), Syaikh Umar Hamdan kembali ke hadhirat ALLAH
SWT di Madinah dan dimaqamkan di Baqi'. Semoga ALLAH mengangkatnya ke
kedudukan yang tinggi. Amin. Al-fatihah.
Guru-gurunya
Sebagian guru-guru beliau adalah :
Syaikh
Al-Muhadits Al-Musnad Abu Hasan Ali Ibn Dhohir Al-Witri al-Madani
Al-Hanafi (1261 – 1322 H), Syaikh ini telah mendapatkan ijazah dari para
muhadits besar ketika berumur 17 tahun dan melakukan perjalanan untuk
menuntut ilmu dari Madinah ke Mekkah, lalu Mesir, Maghrib, Tunisia,
Aljazair, dan lainnya. Insya Allah akan ada biografi khusus tentang
beliau rahimahullahu.
Syaikh Abdullah Al-Nablusi, sebagaimana disebutkan dalam sanadnya untuk Muwatho dibawah.
Syaikh
Abi Yushra Falah ibn Muhammad Dhahiri Al-Madani, bapak Syaikh Ali ibn
Falah Al-Dhohiri, Syaikh meriwayatkan darinya sebagaimana disebutkan
dalam Al-Musalsal al-Fadani
Syaikh Shalih ibn Abdullah As-Sanari Al-Maki, Syaikh meriwayatkan darinya sebagaimana disebutkan dalam Al-Musalsal al-Fadani
Syaikh Al-Muhadits Allamah As-Sayyid Muhammad Amin Ibn Ahmad Ridwan Al-Madani (w. 1329 H) pengajar di Mesjid Nabawi,
Syaikh
Al-Muhadits Al-Musnad Sayyid Abu Abdullah Muhammad ibn Jafar al-Katani
Al-Fasi, belajar kepadanya bersama Syaikh Al-Hafizh Al-Musnad Abdul Hayy
Abdul Kabir al-Katani,
Syaikh
Al-Alamah Ahmad ibn Syam Asy-Syanqithi Al-Maghribi, Syaikh meriwayatkan
darinya sebagaimana disebutkan dalam Al-Musalsal al-Fadani Sayyid Ahmad ibn Ismail Al-Barzanji, Syaikh meriwayatkan darinya sebagaimana disebutkan dalam Al-Musalsal al-Fadani
Syaikh Muhammad Mahfudz ibn Abdullah At-Turmusi Al-Jawi al-Indunisiyi (w. 1338 H),dan lain-lain.
Beliau mendapatkan ijazah sanad dari mereka.
Orang-orang yang seangkatan
Beberapa
Syaikh terkenal sezaman dengan beliau, baik setelah Raja Abdul Aziz Alu
Sa’ud menguasai Hijaz maupun sebelumnya, diantaranya:
Syaikh
Al-Hafizh Al-Musnad Abdul Hayy Abdul Kabir al-Katani, beliau menyebut
Syaikh Umar Hamdan, ”... bersama sahabat kami Abu Hafs Umar ibn
Hamdan...” dalam Fahras-nya yang terkenal. Kadang beliau menyebutnya,
”al-Faqih, al-’alim, al-muhadits...”
Syaikh Abdurrahman Al-Ifriki, mudir Dar Hadits Madinah
Syaikh Abu Samah Abdul Dhohir, Imam Masjidil Harom, dan Mudir Dar Hadits Mekkah
Syaikh Muhammad Abdurrazak Hamzah, Imam Masjidil Harom dan Nabawi sekaligus juga mudir Dar Hadits Mekkah
Syaikh Al-Muhadits Muhammad Abdul Baqi, Syaikh Yasin Fadani selalu menggandengkan dengannya dalam musalsalnya.
Syaikh Al-Alamah Abdurrahman Al-Mu’alimi
Dan lain-lain.
Murid-muridnya Syaikh
mengajar di Masjidil Harom, dirumahnya di Madinah, di Madrasah
As-Shulatiyyah, dan Madrasah Al-Falah. Syaikh mengajar hadits, fiqh
Maliki dan lainnya.
Murid beliau sangat banyak, sebagian diantara yang mendapat sanad darinya adalah :
Syaikh Alawi ibn Abbas Al-Maliki (w. 1391 H), beliau kemudian membuka pengajian di Masjidil Harom dan Madrasah Al-Falah, Syaikh
Muhammad Amin Al-Kutbi (w. 1404 H), beliau adalah rekan Syaikh Alawi
dan pengajar di Madrasah Al-Falah dan Masjidil Harom. Syaikh Abdul Fatah ibn Husein Rawah (w. 1424 H), beliau pernah menjadi pengajar di Mesjidil Harom di Bab as-Salam, Syaikh
Al-Musnad Abi Faid Muhammad Yasin bin Isa bin Udiq al-Fadani
al-Indunisiyi asy-Syafi'i (lahir 1335 H / 1916 M, meninggal dunia di
Mekah, 1410 H / 1989 M). Dalam kitab beliau Al-‘Ajalah fi Al-Hadits
Al-Musalsalah disebutkan beberapa sanad dari berbagai jalur melalui
Syaikh Umar Hamdan. Pada musalsal no. 84 beliau berkata, “Mengkhabarkan
kepada kami Al-Allamah Asy-Syaikh Umar Hamdan Al-Mahrusi dan Syaikh
Muhammad Abdul Baqi, tiap-tiap keduanya dari Sayyid Ali ibn Dhohir
Al-Witri dari Abdul Ghani Ad-Dahlawi dari Muhammad ‘Abdin As-Sindi… dan
seterusnya. Syaikh
Husein Abdul Ghani ibn Abdurrahman Al-Falimbani (w. 1399 H), pengajar
di Masjidil Harom yang berasal dari Palembang, Sumatera Indonesia,
diantara guru beliau yang lainnya adalah Syaikh Al-Muhadits Al-Musnad
Abdul Sattar Al-Dahlawi dan Muhadits Perempuan Amatullah binti Abdul
Ghani Ad-Dahlawi.Syaikh Ahmad
Al-Ghumari ibn Muhammad ibn al-Siddiq al-Ghumari (w. 1380 H), beliau
menceritakan biografi Syaikh Umar ibn Hamdan dalam fahrisah-nya Syaikh
`Abdullah ibn Muhammad ibn al-Siddiq al-Ghumari (w. 1413 H), kedua
orang ini (6 dan 7) tinggal di Tangier (Thanjah), Maroko. Syaikh
Abu Ahmad Hasan bin Muhammad bin 'Abbas bin 'Ali bin 'Abdul Wahid
al-Masyath al-Makki al-Maliki (w. 1399 H), Syaikh Hasan al-Masyath telah
meninggalkan berbagai karangan antaranya "al-Jawhar ats-Tsaminah",
"at-Tuhfah ats-Tsaniyyah", "al-Bahjah as-Saniyyah" dan banyak lagi.
Beliau wafat di Makkah pada hari Rabu, 7 Syawwal 1399 H. Syaikh Al-Allamah Hijaz Ahmad ibn Muhammad as-Surkati, pendiri Al-Irsyad di Indonesia. Syaikh
Sayyid Muhsin bin Ali bin Abdur Rahman al-Masawi. (lahir 1323 H / 1905 M
dan wafat di Mekah, 1354 H / 1935 M). Beliau adalah kelahiran Palembang, Indonesia dan
salah satu murid dari Syaikh Abdul Hayy bin Abdul Kabir al-Katani
al-Fasi. Kemudian pada tahun 1352 H/1933 M, Syaikh Muhsin al-Masawi
mengasaskan Madrasah Dar al-Ulum ad-Diniyah di Syu’ib Ali, Mekah, dan
dikenal dengannya.
Syaikh Abu Turab Adh-Dhohiri (w. 1423 H), yang merupakan putra Syaikh Al-Musnad Abdul Haq Al-Hasyimi.
Syaikh
Al-Muhadits Al-Musnad Muhammad ibn Ibrohim Al-Khatani, yang juga murid
dari Syaikh Al-Muhadits Abdul Baqi Al-Ayubi Al-Mazani, dan lain-lain.
Beliau menceritakan biografi Syaikh Umar Hamdan dalam kitabnya, ’Mu’jam
Syaikhuhu”.
Sanad Syaikh
Berikut
ini contoh sanad Syaikh Umar Hamdan rahimahullahu untuk Muwatho Malik
riwayat Yahya ibn Yahya Al-Laitsi, dari jalan Syaikh Umar Falatah
rahimahullahu dari jalan Syaikh Al-Muhadits Al-Musnad Muhammad ibn
Ibrohim Al-Khatani, yang diriwayatkan darinya oleh banyak Masyaikh yang
sampai kepada kita. Mereka berkata : أخبرنا
شيخنا عمر بن محمد فلاته إجازة , عن شيخه العلامة المحدث محمد بن إبراهيم
بن سعد الله الفضلي الختني , عن العلامة محدث الحرمين عمر بن حمدان المحرسي
, عن عبدالله بن عودة القدومي النابلسي , عن حسن الشطي الحنبلي , عن مصطفى
بن سعد الرحيباني , عن الشمس محمد بن سالم السفاريني , عن أبي المواهب
محمد بن عبدالباقي الحنبلي , عن أبيه عبدالباقي البعلي الحنبلي , عن أبي
حفص عمر القاري والنجم محمد الغزي , كلاهما عن والد الثاني البدر محمد
الغزي , عم زكريا الأنصاري , عن الحافظ ابن حجر العسقلاني , عن أبي حفص عمر
بن الحسن بن مزيد بن أميلة المواغي , عن عز الدين أحمد بن إبراهيم بن عمر
الفاروقي , عن أبي إسحاق إبراهيم بن يحيى الكناسي عن أبي الحسين محمد بن
محمد بن سعيد بن زرقون عن أبي عبدالله أحمد بن غلبون , عن أبي عمرو عثمان
بن أحمد القيجاطي , عن أبي عيسى يحيى عبدالله بن يحيى بن يحيى , عن عم أبيه
مروان وعبدالله بن يحيى بن يحيى , عن أبيه يحيى بن يحيى المصمودي الليثي ,
عن الإمام مالك بن أنس الأصبحي… Sumber : - Natsrul Zawahir Hal. 931-933,
- Ithaful Ikhwan bi Ikhtishar Muthmahul Wajdan fi Asanid Asy-Syaikh Umar Hamdan,
- Al-‘Ajalah
fi Al-Hadits Al-Musalsalah, Kifayatul Mustafid, Quratul’ain fi Asanid
Syiwakhi min A’lam Al-Haramain dan lainnya karya Syaikh Yasin Fadani
- Al-Fahrisat, Syaikh Abdul Hay Abdul Kabir Al-Katani
- Al-Mu’jam Jami fi Tarjam Al-Ulama wa Thulabul Ilmi Mu’ashirin
- Majalah Kisah Islami alKisah, No.15/Tahun VI/ 14-27 Juli 2008
- Dan lain-lain
|
Komentar
Posting Komentar