Para penuntut ilmu agama di Makkah pada akhir abad 19 hingga paruh pertama abad 20 pasti mengenal Syekh Muhammad Ali Al- Maliki. Meskipun dibelakang nama beliau terdapat nama Al-Maliki, namun beliau tidak memiliki hubungan nasab dengan Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki, ulama terkemuka Makkah yang wafat tahun 2004 yang lalu.
Walaupun demikian hubungan keilmuan tetap ada karena ayahanda Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki, yakni Sayyid Alwi bin Abbas Al Maliki merupakan murid dari Syekh Alwi Al Maliki.
Nama lengkap beliau adalah Muhammad Ali bin Husain bin Ibrahaim bin Husain bin `Abid Al Makki Al Maliki. Ulama keturunan Maroko ini lahir di Makkah tahun 1287 H/1870 M. ketika beliau berusia lima tahun (tahun 1292 H/1875 M) ayahnya Syekh Husain bin Ibrahim wafat, kemudian beliau diasuh oleh kakak beliau Syekh Muhammad bin Husain, ulama mufti mazhab Maliki yang menangani pendidikan beliau dengan baik.
Beberapa tahun kemudian kakak beliau ini wafat, kemudian beliau diasuh oleh kakaknya yang lain Syekh `Abid bin Husen yang
juga mufti Mazhab maliki. Selain belajar bermacam-macam ilmu agama dan
bahasa arab dari kakak beliau, ia juga belajar fiqh kepada seorang ulama
terkemuka ahli fiqh dan sufi Sayyid Abi Bakar Syatha (1266-1310 H), pengarang kitab fiqh yang terkenal I`anatuth Thalibin yang
menjadi pegangan wajib diseluruh pesantren di Indonesia. Selain itu
beliau juga belajar kepada banyak ulama hingga beliau mendapat ijazah
mengajar di Masjidil Haram.
Meski
demikian beliau tidak merasa puas dengan begitu saja dengan ilmu yang
beliau miliki. Ia terus belajar kepada beberapa tokoh ulama diantaranya Abdul Khaliq alahabady pengarang kitab Al Iklil yang merupakan Hasyiah dari kitab Tafsir An Nasafi. Gurunya ini memberi beliau ijazah dalam tafsiir dan fiqh Hanbali. Ia juga belajar hadis kepada Syekh Muhammad abul Khudhair bin Ibrahim ad dimyati Al madani.
Kepada Syekh Abdul Quddus An Nabulsi ia belajar Shahih Bukhary dan fiqh Hanbali dan mendapat ijazah darinya. Ijazah dalam hadis juga beliau peroleh dari Syekh Abul Hayy Al Kattany Silsilah sanad periwayatan hadis dan jaringan intelektual Syekh Ali Al Maliki telah ditulis secara lengkap oleh seorang murid beliau Syekh Muhammmad Yasin Al Fadany(wafat 1410 H/1990 M), seorang ulama pakar hadis kelahiran Makkah asal padang dalam kitab beliau yang benama Al Maslak Al jaily fi Asanid Fadhilah Asy Syakh Muhammad Ali Al Maliki. Syekh Ali Al Maliki dikenal sebagai Syaikh Masyayikh `Ashrih (guru para guru dimasanya ). Dan karena kealiman beliau yang luar biasa dalam bidang ilmu nahu beliau digelari Sibawaihi Zamanih (Sibawaih di zamannnya).
Sebelum diangkat menjadi kepala pengajar di Darul Ulum, Syaikh Ali Al-Maliki telah menjabat mufti Mazhab Maliki di Makkah menggantikan kakak beliau Syeikh `Abid Al-Maliki. Sebagai seorang ulama besar, selain mengajar belau juga mengarang beberapa kitab diantaranya:
- Intishar al i`tisham bi mu`tamad kulli Mazhab min Mazhab al imamah al A`lam.
- Inarah ad Duja Syarah Nazham Safinatun Naja
- Fatawa an Nawazil al `Ashriyyah
- Radd al Jahalah wa Ahl al Ghurrah fi ittiba` man Yarudd al Muthallaah Tsalastah fi Marrah.
- Rhawali` al Huda wa Al Fadhl bi Tahdhir al Muslimin `an Al I`lam li Waqt ash Shalat bi Dharb an Naqush wa ath-Thabl.
- Al Maqal fi Radd Sunniyah ash Shalat bin Ni`al.(kesemuanya tentang fiqh)
- At Taqrirat `ala Syarah Al Muhalla
- Tahdzib al furuq wa Al Qawa`id as Saniyah `ala Qawanin Ibn Jizzy Al Mliky (ketiganya dalam ushul fiqh Mazhab Maliki)
- Hawasyi `ala al Asybah wan Nazhair lis Suyuthy (ushul fiqh Mazhab Syafii).
- Al Qawathi` al burhaniyah fi Bayan ifki Ghulam Ahmad wa Atba`ihi al Qadiyaniyyah (kitab menolak paham Ahmadiyah)
- Tadrib at Thulab fi Qawa`id al i`rab
- Taqrirat `ala Syarh Khudary `ala Ibn `Aqil
- Taqrirat `ala Jam`il jawami` `ala Ham` hawami` fin Nahw (ketiganya dalam bidang fan Nahu)
Setelah
menamatkan pelajarannya di bawah bimbingan para ulama Haramain
terkemuka di masanya, Syekh al-Maliki mendermakan ilmu dan hidupnya
mengajar di Masjidil Haram dan Madrasah Darul Ulum, Mekah, yang didirikan oleh ulama-ulama haramain asal Melayu-Nusantara, dan menjabat sebagai pimpinan para syekh (Syaikhul Masyayikh)
sejak pertama kali madrasah tersebut berdiri pada tahun 1933 .
Kepakarannya di berbagai bidang ilmu-ilmu keislaman dan tata-bahasa
Arab, menjadi magnet tersendiri bagi para pelajar Arab dan non-Arab
—bahkan tidak sedikit yang sudah bergelar ulama— yang datang berguru
kepadanya. Sehingga tidak berlebihan bila dikatakan bahwa hampir seluruh
ulama Hijaz dan para penuntut ilmu dari Melayu-Nusantara (yang mencakup
Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand Selatan dan Brunei) yang
menjadi muridnya.
Syeikh Ali Al Maliki dikenal
sangat tegas dalam hal prinsip aqidah. Hal ini terlihat Dari upaya
beliau untuk menjaga aqidah umat islam dari aliran-aliran sesat dengan
mengarang kitab-kitab aqidah diantaranya kitab untuk menolak paham
Ahmadiyah . Syekh Ali AL Maliki juga
pernah melakukan perjalanan ke Indonesia pada tahun 1343 H/1924 M dan
tahun 1345 H/1926 M. perjalan singkat beliau ini diceritakan secara
singkat oleh Syeikh Umar Abdul Jabar dalam kitabnya Siyar wa Tarajim Ba`hi Ulamaina fi Qam ar rabi` Asyar lil Hijjarh pada halaman 294-295. disela-sela uraiannya tentang riwayat hidup beliau.
Pada kunjungan beliau keIndonesia tahun 1345 H/1926 M beliau sempat singgah di Malaysia dan berjumpa dengan Sulthan Iskandar Syah bin Sultan Idris, Sultan sangat menghormati dan memuliyakan beliau. Dalam kesempatan itu, Shultan memperlihatkan Majalah Asy Subban al Muslimin yang
terbit di Kairo. Di majalah tersebut terdapat artikel yang membolehkan
kaum muslimin mengenakan pakaian barat dan membolehkan nikah wanita
muslimah dengan kaum kafir. Maka syekh segera menyusun risalah yang
memperingatkan kaum muslimin agar tidak berpakaian ala barat serta
menegaskan keharaman nikah antara wanita muslimah dengan kafir.
Syeikh Umar Abdul Jabbar dalam kitabnya Siyar wa tarajim menyebutkan bahwa ia berjumpa dengan Syekh Ali Al- Maliki di
Banjarmasin dan kemudian menemani beliau dalam mengunjungi murid murid
beliau yang tersebar di berbagai daerah seperti Martapura, Kandangan,
alabio,barabai, dan Amuntai. Di setiap daerah yang beliau kunjungi
diadakan acara yang dipenuhi oleh para penuntut ilmu. Kemudia beliau
melanjutkan perjalanan ke Solo, Surabaya, Jakarta, dan kota-kota lain di
Indonesia.
Setelah perjalanan beliau yang terakhir ini, Syeikh Ali Al Maliki diangkat
menjadi kepala Dewan Pengajar Madrasah Darul Ulum, Makkah, sejak
Madrasah tersebut didirikan pada tahun 1353 H/1934 M oleh Sayyid muhsin bin Ali Al Musawa. Ulama terkemuka kelahiran Palembang, Sumatra selatan. Uniknya sayyid muhsin juga ikut pula belajar kepada di Madrasah yang didirikannya tersebut. Kualitas ilmu Syeikh Ali Al Maliki yang
menonjol dalam bidang ilmu keislaman dan bahasa arab menjadi daya tarik
bagi para pelajar baik dari kalangan Arab maupun non arab termasuk dari
negeri-negeri Nusantara seperti Indonesia, Malaisya, Singapuara,
Thailand dan Brunei.
Diantara ulama-ulama Hijaz yang menjadi muridnya adalah Sayyid Syekh Hasan Masysyath(wafat 1399 H), Sayyid Alwi bin Abbas Am Maliki (wafat 1391 H), Sayyid Muhammad Amin Kutby (wafat 1404 H). adapun murid murid beliau dari nusantara antara lain Sayyid Muhsin Al Musawa (wafat 1354 H), Syeikh Yasin Al Fadany (wafat 1990 M), KH. Muhammad Syarwany Abdan (Guru Bangil) dari Martarapura (wafat 1898 M), tuan Guru K.H M.Zainuddin Abdul Majid Pancor NTB, pendiri Nahdhatul Wathan (wafat 1997), KH. Ahmad Junainy Jakarta(wafat 1997 M), KH.Nur Ali, Bekasi (wafat 1992 M), KH.Hasbiyallah, Klender Jakarta timur, dan Syeikh Masyayikh Al `Allamah Syeikh Muda Waly Al Khalidy, Aceh (wafat 1961 M). Syeikh Ali Al Maliki wafat pada 28 Sya`ban tahun 1368 H(24 Juni 1949 M), “Enam Pendekar-Kiyai Betawi” (Guru Mansur, Guru Majid, Guru Romli, Guru Marzuki, dan Guru Mughni).
Kepakaran dan Aktivitasnya
Sebelum
menjabat sebagai pimpinan para syekh (Syaikul Masyayikh) madrasah Darul
Ulum sejak pertama kali didirikan pada tahun 1933, Syekh al-Maliki
telah menjabat sebagai mufti mazhab Maliki di Mekah menggantikan saudara
tua yang juga gurunya, Syekh Abid al-Maliki, tahun 1921. Kendatipun
inisiasi resminya dengan mazhab Maliki, Syekh Muhammad Ali al-Maliki
juga dikenal sebagai pakar dalam fikih Syafi’i, hasil gemblengan Syekh
Umar Syatta ad-Dimyati, saudara dari Usman Syatta al-Bakri ad-Dimyati,
seorang pakar fikih Syafi’i dan pengarang kitab fikih I‘anah
ath-Thalibîn yang menjadi rujukan pesantren-pesantren di Indonesia.
Keluasan
ilmu fikih lintas mazhab Ahlussunnah (terutama mazhab yang empat)
membuatnya terhindar dari fanatisme sempit mazhab-fikih yang tercermin
dalam salah satu karyanya Inthishâr al-I‘tishâm bi Mu‘tamad Kulli
Madzhab min Madzâhib al-A’immah al-A‘lâm (“Pembelaan Objektif atas
Pendapat-pendapat Otoritatif Seluruh Mazhab Imam-Imam Besar”).
Karya-karyanya yang lain di yang menunjukkan kepakarannya di bidang
fikih dan ushul fikih sebenarnya cukup banyak, antara lain: At-Taqrîrât
‘ala Syarh al-Muhallâ, Tahdzib al-Furûq lil-Qarâfi, al-Hawâsyî
as-Saniyyah ‘ala Qawânîn Ibn Jizziy al-Mâlikî (ketiganya dalam bidang
ushul fikih mazhab Maliki), dan Hawâsyi ‘ala al-Asybâh wan-Nazhâ’ir
lis-Suyûthî (dalam bidang ushul fikih mazhab Syafi’i).
Kendatipun
keluasan ilmu fikihnya yang menyebabkan keluwesan dalam menyikapi
berbagai perbedaan fikih-furu‘iyyah inter-Ahlussunnah waljamaah, Syekh
al-Maliki dikenal tegas dalam hal-hal yang berkaitan dengan
prinsip-prinsip akidah-ushuliyyah. Untuk menjaga akidah Ahlussunah
wal-jamaah dari berbagai upaya penyimpangan di bidang akidah, ia
misalnya telah menulis secara khusus bantahan atas aliran Ahmadiyah
dengan judul Al-Qawâthi‘ al-Burhaniyyah fi Bayân Ifki Ghulâm Ahmad wa
Atbâ‘ihi al-Qâdiyâniyyah (“Bukti-bukti Meyakinkan tentang Kebohongan
Mirza Ghulam Ahmad dan Para Pengikut Aliran Qâdiyâniyyah”).
Tulisannya
mengenai penyimpangan akidah Ahmadiyah yang berpusat di Qadiyan dan
Lahore —suatu aliran yang muncul dan berkembang jauh di luar Semenanjung
Arabia di mana al-Maliki hidup— menyiratkan bahwa Syekh al-Maliki
bukanlah tipe intelektual “menara gading” yang masa bodo terhadap
persoalan-persoalan keumatan, baik dalam skala nasional, regional dan
internasional. Kepeduliannya terhadap perkembangan umat Islam dalam
skala internasional, misalnya, tampak jelas ketika ia bersama murid
seniornya, Muhammad al-Amin al-Kutbi, termasuk di antara ulama yang
disowani dan dimintakan pendapat oleh Abul Hasan an-Nadawi, seorang
tokoh intelektual Muslim asal India yang memiliki reputasi
internasional, ketika an-Nadawi berkunjung ke Mekah pada tahun 1947.
Kepedulian al-Maliki terhadap kondisi umat dan dunia Muslim boleh jadi
telah muncul sebagai hasil dari kunjungan yang pernah dilakukannya ke
berbagai negara Asia —termasuk Indonesia dan wilayah Melayu-Nusantara—
pada tahun 1343 dan tahun 1345 H. Petunjuk lain tentang kepedulian
al-Maliki atas pelbagai permasalahan umat dapat dibaca dari
ulasan-ulasan yang dituangkannya dalam satu karya yang berjudul Fatâwâ
an-Nawâzil al-‘Ashriyyah (Fatwa-fatwa tentang Pelbagai Masalah
Kontemporer).
Selain
fikih dan akidah, bidang keilmuan lain yang digeluti Syekh al-Maliki
adalah disiplin ilmu-ilmu hadits (dirayah dan riwayah). Kepakaran di
bidang yang satu ini sangat tampak ketika ia, bersama Syekh Umar Hamdan
(w. 1368 H) —rekannya yang juga salah seorang guru KH. Noer Ali— menjadi
salah seorang mata rantai terpenting periwayatan hadits (isnad) Musnid
ad-Dunya, Syekh Muhammad Yasin al-Fadani. Oleh karenanya, Syekh
al-Maliki termasuk salah satu mata rantai sanad para pakar hadits Mekah
yang terpenting, sebagaimana tercatat dalam karya al-Fadani “An-Nafhah
al-Miskiyyah fil-Asânîd al-Makkiyyah” (“Hembusan Aroma Misik tentang
Isnad-isnad Mekah”). Bahkan periwayatan melalui jalur Syekh al-Maliki
dicatat tersendiri oleh al-Fadani dalam karyanya al-Maslak al-Jaliyy fi
Asânîd Fadhilah as-Syaikh Muhammad Ali al-Maliki (“Jalan Terang tentang
Sanad-sanad Yang Mulia Syekh Muhammad Ali al-Maliki”).
Kecuali
itu, tentu saja kita tidak dapat mengabaikan kepakaran Syekh Ali
al-Maliki dalam bidang gramatika dan sastera Arab (nahwu, sharaf,
balaghah, arudh, qawafî) yang turut membentuk kepakaran KH. Noer Ali
dalam bidang ini. Gelar “Sibawaih pada masanya” (Sibawaihi zamânihî)
yang disandang al-Maliki adalah sebentuk pengakuan para ulama atas
kepakarannya di bidang ini. Dua jilid bukunya tentang gramatika bahasa
Arab dengan judul “Tadrîb ath-Thullâb fi Qawâ‘id al-I‘râb”, masih membuat decak kagum para pengkajinya.
Harmonisasi Syariat dan Tasawuf
Bidang
keilmuan lain yang digeluti oleh Syekh Al-Maliki —juga hampir seluruh
ulama-ulama Haramain pada masanya— adalah disiplin tasawuf. Sebagaimana
dimaklumi, melalui adikaryanya Ihyâ’ ‘Ulumid-Dîn, Imam al-Ghazali (w.
505 H/1111 M) telah mampu secara memuaskan mengkombinasikan aspek
eksoterik (syari’ah) dan esoterik (tasawuf) dalam Islam; sehingga
harmonisasi antara syari’ah dan haqiqah, fikih dan tasawuf menjadi
mainstream atau —dalam istilah Azra: great tradition— corak keagamaan
dan keilmuan di hampir seluruh dunia Islam setelah kemunculan tokoh yang
digelari “Hujjatul Islam” (Bukti Kebenaran Islam) ini.
Bahkan
Dr. Tawfiq at-Thawîl dalam kajiannya mengenai tasawuf di masa Imperium
Khilafah Usmaniyah yang runtuh pada tahun 1924, menulis, bahwa sampai
akhir masa imperium Ottoman yang berpusat di Turki yang cakupan wilayah
kekuasaannya meliputi hampir seluruh dunia Islam (termasuk Hijaz),
harmonisasi antara disiplin fikih dan tasawuf menjadi corak utama
keagamaan dan intelektual dunia Arab-Islam pada masa itu. Menurut Dr.
Hasan Asy-Syâfi‘î, harmonisasi ini tampak misalnya dalam karya-karya
hampir semua tokoh intelektual di dunia Islam yang hidup pada masa itu
yang, karena kecenderungan praktek fikih yang dibalut dengan penghayatan
sufi mereka, salah satu gelar akademik yang kerap disandang para ulama
kala itu adalah “Faqih, Muhaddits, Shufî” (Pakar Fikih dan Hadits serta
Pegiat Tashawwuf).
Untuk
menyebut di antara ulama yang memiliki gelar akademik seperti itu, kita
bisa menyuguhkan beberapa nama, misalnya, Abdul Wahab asy-Sya‘rani (w
973 H) di Mesir; Abdul Ghani an-Nabulsi (w. 1143 H) di Syam; Shah
Waliyullah ad-Dahlawi (w. 1176 H) yang meneruskan pemikiran pendahulunya
Ahmad as-Sirhindi (1034 H) di India; Ahmad ad-Dardîrî, pendiri tarekat
al-Khalwati (w. 1201 H.) di Mesir; Muhammad Ali as-Sanusi (w. 1275 H),
pendiri tarekat Sanusiah yang melahirkan seorang tokoh sufi-mujahid,
Umar Mukhtar (1349 H) di Libia; dan —tidak ketinggalan— Nuruddin
ar-Râniri (w. 1076/1666), Abdul Rauf as-Sinkili (w. 1105/1693) dan Yusuf
al-Maqassari (1111/1699) di Indonesia ; serta yang lainnya.
Kecenderungan
harmonisasi syariat dan tasawuf ala Imam Junaid al-Baghdadi dan Imam
al-Ghazali yang, dalam jaringan intelektual ulama-ulama Timur Tengah dan
Kepulauan Nusantara abad 17 mengkristal pada sosok Ibrahim al-Kurani
dan Ahmad al-Qusysyasi (tiga murid mereka asal Indonesia adalah
Ar-Raniri, Al-Sinkili dan al-Maqassari), terus bergulir di abad-abad
selanjutnya. Tokoh ulama seperti Syekh Ahmad Zaini Dahlan , Mufti
Syafi’iyyah di Mekah al-Mukarramah yang berhasil mencetak ulama-ulama
selanjutnya (seperti Muhammad Abid al-Maliki, Abu Bakar Syatta
ad-Dimyati dari Arab; dan Mahfuzh at-Termasi dari Indonesia), mereka
semua termasuk dalam jaringan intelektual yang mendukung harmonisasi
syariat dan tasawuf. Dan corak intelektual seperti inilah yang kemudian
dipraktekkan oleh Syekh Ali al-Maliki dan KH. Hasyim Asy‘ari (pendiri
NU, kolega Syekh Ali al-Maliki yang bersama-sama menjadi murid Syekh
Abid al-Maliki) , yang kemudian terus dilanjutkan oleh para ulama abad
19/20, termasuk “enam pendekar-ulama Betawi”, KH. Noer Alie, KH.
Abdullah Syafi‘i, Tuan Guru KH. Zainuddin, dan ulama-ulama Indonesia
lainnya.
Kembali
kepada Syekh Ali al-Maliki. Hubungan K.H. Noer Ali dengan guru yang
satu ini memang agak lebih istimewa dibandingkan dengan guru-gurunya
yang lain di Haramain. Keistimewaan itu terlihat karena Guru Marzuki
yang juga murid Syekh Ali al-Maliki, diduga kuat telah merekomendasikan
KH. Noer Alie untuk melanjutkan pelajarannya langsung di bawah bimbingan
Syekh al-Maliki yang pernah menjadi gurunya di Mekah. Kecuali itu,
keistimewaan Syekh al-Maliki bagi KH. Noer Alie juga terlihat dari
beberapa ijazah hizb dan wirid yang didapatkannya langsung dari Syekh
Ali al-Maliki. Ijazah (sertifikasi) wirid dan hizb ini menunjukkan
inisiasi Syekh Ali al-Maliki dan para ulama di masanya pada
tasawuf-sunni —lawan dari tasawuf falsafi— yang berupaya
mengharmonisasikan antara aspek lahiriah-eksoteris (syariat) dan
zuhud-esoteris (hakikat), suatu upaya yang kemudian diikuti dengan setia
oleh murid-muridnya, termasuk KH. Noer Alie dan para murid beliau yang
setia.
Wallâhu A‘lam
BIBLIOGRAFI:
- Ad-Dahlawi, Shah Waliyullah, Hujjatullâh al-Bâlighah, Cairo: Dar at-Turats, 1355 H.
- Al-Azhîmabâdi, Muhammad Asyraf, ‘Aunul Ma‘bûd Syarh Sunan Abi Dawud, Beirut: Darul Kutub al-Ilmiyah, cetakan I, 1415 H.
- Al-Baghdadi, Isma‘îl, Hadiyyatul ‘Ârifîn, dalam digital library: al-Maktabah asy-Syâmilah versi 2.
- Al-Fâdânî, Muhammad Yasîn, An-Nafhah al-Miskiyyah fil-Asânîd al-Makkiyyah, Beirut: Darul Basya’ir al-Islamiyyah, 1990.
- Al-Kattani, Abdul Hayy, Fihris al-Fahâris, dalam digital library: al-Maktabah asy-Syâmilah versi 2.
- An-Nadawi, Abul Hasan, al-Imam ad-Dahlawi, Kuwait: Darul Qalam, 1996.
- An-Nadawi, Abul Hasan, al-Imam as-Sirhindi Hayâtuhû wa A‘mâluhû, Kuwait: Darul Qalam, 1994.
- An-Nadawi,
Muhammad Thariq, Abul Hasan an-Nadawi Rabbani al-Ummah, dalam Al-Mu‘jam
al-Jâmi‘ fi Tarâjim al-‘Ulamâ’ wa Thalabatil-‘Ilmi al-Mu‘âshirîn, dalam
digital library: al-Maktabah asy-Syâmilah versi 2.
- An-Najjâr, ‘Âmir (Dr.), Ath-Thuruq ash-Shûfiyyah fi Misr, Dar al-Ma‘ârif, cet. VI, 1995.
- Ash-Sha‘îdî, Abdul Muta‘al, al-Mujaddidûn fil Islam min al-Qarnil Awwal ila al-Râbi‘ ‘Asyar, Cairo: Maktabah al-Adab, 1996.
- Asy-Syâfi‘î, Hasan (Dr.) et. al, Fi at-Tashawwuf al-Islâmî, Cairo: Dar ats-Tsaqafah al-‘Arabiyah, 1996.
- Ath-Thawaîl, Tawfiq (Dr.), At-tashawwuf fi Misr Ibbâna ‘ashril Utsmânî, Mesir: Maktabah al-I‘timâd, 1946.
- At-Taftazânî, Abul Wafâ (Dr.), Madkhal Ila at-Tashawwuf al-Islâmî, Cairo: Dar ats-Tsaqafah, 1979.
- Az-Zirikli,
Khairuddin, al-A‘lâm (Qâmûs Tarâjim li Asyhar al-Rijâl wa an-Nisâ’
minal ‘Arab wal Musta‘rabîn wal-Mustasyriqîn, dalam digital library:
al-Maktabah asy-Syamilah, versi 2.
- Aziz, Abdul (MA), Islam dan Masyarakat Betawi, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002.
- Azra, Azyumardi (Dr.), Jaringan Ulama Timteng dan Nusantara abad 17 dan 18, Bandung: Mizan, 1994.
- Fadli,
Ahmad, Ulama Betawi (Studi tentang Jaringan Ulama Betawi dan
Kontribusinya Terhadap Perkembangan Islam Abad ke-19 dan 20), abstrak
thesis M.A. Universitas Indonesia, tidak diterbitkan.
- Jabbar, Umar Abdul, Siyâr wa Tarâjim Ba‘dhi ‘Ulamâ’ina fil Qarni ar Râbi‘ ‘Asyara lil-Hijrah, Saudi, t.p.,t.t.
- Kuhalah, Muhammad Ridha, Mu‘jam al-Mu’allifîn, dalam digital library: al-Maktabah asy-Syâmilah versi 2.
- Mamduh, Mahmud Sa‘id, Tasynîf al-Asmâ‘ bi Syuyukh al-Ijâzah wa al-Simâ‘, Cairo: Mathba‘ah Dâr asy-Syabâb, 1984.
- Rasyid,
Daud (Dr), Juhûd ‘Ulamâ Indonesia fi as-Sunnah, disertasi Fak. Darul
Ulum, Cairo University, tahun 1996, supervisor: Prof. Dr. M. Nabil
Ghanaim.
- Sezkin, Ilyas, Mu‘jam al-Mathbû‘ât, dalam digital library: al-Maktabah asy-Syâmilah versi 2.
semoga Allah meluaskan kubur beliau dan memberikan kita barakah ilmunya.
Amin………Ya….Rabbal Allamin.
Dikutip dari Majalah Al Kisah No.24/tahun VI/17-30 November 2008 M
|
Komentar
Posting Komentar