as-Sayyid Ja'far al-Barzanji
Biografi Singkat as-Sayyid Ja'far al-Barzanji
As-Sayyid
Ja’far bin Sayyid Hasan bin Sayyid Abdul Karim bin Sayyid Muhammad bin
Sayyid Rasul al-Barzanji adalah seorang ulama besar keturunan Nabi
Muhammad Saw. dari keluarga Saadah al-Barzanji yang masyhur berasal dari Barzanj di Iraq. Beliau dilahirkan di Kota Madinah al-Munawwarah pada tahun 1126 H.
Leluhur
Sayyid Ja'far semuanya merupakan ulama terkemuka yang terkenal dengan
ilmu dan `amal, keutamaan dan kesholehan. Prof. Dr. al-Muhaddits
al-‘Alim al-‘Allamah as-Sayyid Muhammad bin ‘Alwi bin ‘Abbas al-Maliki
dalam Haul Ihtifaal bi Dzikra al-Maulid an-Nabawiy asy-Syarif menulis pada halaman 99:
Al-‘Allaamah
al-Muhaddits al-Musnid as-Sayyid Ja’far bin Hasan bin Abdul Karim
al-Barzanji adalah Mufti Syafi’iyyah di Kota Madinah al-Munawwarah.
Terjadi perselisihan tentang tahun kewafatannya. Sebagian ulama
menyebutkan bahwa Sayyid Ja’far meninggal pada tahun 1177 H.
Al-Imam az-Zubaidi dalam al-Mu'jam al-Mukhtash menuliskan
bahwa beliau wafat tahun 1184 H, dimana Imam az-Zubaidi pernah berjumpa
dengan beliau dan menghadiri majlis pengajiannya di Masjid Nabawi yang
mulia.
Beliau adalah pengarang kitab maulid yang masyhur dan terkenal dengan nama Maulid al-Barzanji. Sebagian ulama mengatakan bahwa nama karangannya tersebut adalah ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiyyi al-Azhar.
Maulid karangan beliau ini adalah diantara kitab maulid yang paling
populer dan paling luas tersebar ke pelosok negeri 'Arab dan Islam, baik
di Timur maupun di Barat. Bahkan banyak dari mereka yang menghafalnya.
Kandungannya merupakan khulashah (ringkasan)
Sirah Nabawiyyah yang meliputi kisah kelahiran Rasulullah Saw.,
diutusnya beliu Saw. sebagai Rasul, hijrah, akhlak, peperangan hingga
kewafatan beliau Rasulullah Saw.
Kitab Maulid al-Barzanji ini
telah disyarahi oleh al-‘Allamah al-Faqih asy-Syaikh Abu Abdillah
Muhammad bin Ahmad yang terkenal dengan panggilan Ba’ilisy dengan kitab
syarah yang dinamakan al-Qaul al-Munji 'ala Maulid al-Barzanji yang
telah berulang kali dicetak di Mesir. (Beliau Syekh Ba`ilisy adalah
seorang ulama besar jebolan al-Azhar asy-Syarif, bermazhab Maliki lagi
Asy`ari dan menjalankan Thoriqah asy-Syadziliyyah. Beliau lahir pada
tahun 1217 H/1802 M dan wafat pada tahun 1299 H/1882 M. Karyanya antara
lain adalah; Hidayat al-Murid li 'Aqidat Ahl at-Tauhid, Syarh
al-'Aqa’id al-Kubra li as-Sanusi, Hasyiyah 'ala Syarhi ash-Shoghir li
ad-Dardir, Minhu al-Jalil 'ala Mukhtashar Khalil dan Hidayat as-Salik
ila Aqrab al-Masalik fi Furu` al-Fiqh al-Maliki).
Selain
Syekh Ba’ilisy, ulama kita kelahiran Banten Pulau Jawa, yang terkenal
sebagai ulama dan penulis yang produktif dengan banyak karangannya yaitu
Punggawa Ulama Hijaz, an-Nawawi ats-Tsani, Syaikh Muhammad Nawawi
al-Bantani al-Jawi turut menulis syarah dari kitab Maulid al-Barzanji yang diberi judul Madarij ash-Shu’ud ila Iktisa’ al-Buruud.
Begitu
juga dari salah satu cucu Sayyid Ja'far al-Barzanji yang bernama sama
dengan kakeknya yaitu Sayyid Ja’far bin Sayyid Isma’il bin Sayyid Zainal
‘Abidin bin Sayyid Muhammad al-Hadi bin Sayyid Zain al-Barzanji, telah
menulis syarah dari kitab Maulid al-Barzanji tersebut yang diberi judul al-Kaukab al-Anwar ‘ala ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiy al-Azhar.
Sayyid Ja'far ini juga adalah seorang ulama besar keluaran al-Azhar
asy-Syarif. Beliau juga merupakan seorang Mufti Syafi`iyyah.
Karangan-karangan beliau banyak, diantaranya; Syawahid al-Ghufran
‘ala Jaliy al-Ahzan fi Fadhail Ramadhan, Mashabih al-Ghurar ‘ala Jaliy
al-Kadar dan Taj al-Ibtihaj ‘ala Dhau’ al-Wahhaj fi Isra’ wa al-Mi’raj.
Beliau juga telah menulis sebuah manaqib yang menceritakan perjalanan
hidup dan ketinggian kakeknya Sayyid Ja'far al-Barzanji dengan judul ar-Raudh al-‘Athar fi Manaqib as-Sayyid Ja’far.
Sayyid
Ja'far al-Barzanji, selain dikenal sebagai mufti, beliau juga menjadi
khatib di Masjid Nabawi dan mengajar di masjid yang mulia tersebut.
Beliau terkenal bukan saja karena ilmu, akhlak dan takwanya, tapi juga
dengan kekeramatan dan kemakbulan doanya. Penduduk Madinah sering
meminta beliau berdoa untuk hujan pada musim-musim kemarau.
Diceritakan
bahwa satu ketika di musim kemarau, di saat beliau sedang menyampaikan
khutbah Jum’at, seseorang meminta beliau beristisqa’ (memohon hujan).
Maka dalam khutbahnya itu, beliau pun berdoa memohon hujan, dengan serta
merta doanya terkabul dan hujan terus turun dengan lebatnya hingga
seminggu lamanya, persis sebagaimana yang pernah terjadi pada zaman
Rasulullah Saw. Menyaksikan peristiwa tersebut, maka sebagian ulama pada
zaman itu telah memuji beliau dengan bait-bait syair yang berbunyi:
“Dahulu al-Faruuq dengan al-‘Abbas beristisqa’ memohon hujan
Dan kami dengan Ja’far pula beristisqa’ memohon hujan
Maka yang demikian itu wasilah mereka kepada Tuhan
Dan ini wasilah kami seorang Imam yang ‘arif.”
Sayyid
Ja'far al-Barzanji wafat di Kota Madinah dan dimakamkan di Jannatul
Baqi’, tepatnya di sebelah bawah maqam nenek moyang beliau dari kalangan
anak-anak perempuan Rasulullah Saw.
Sungguh
karya-karya Sayyid Ja'far telah membawa umat untuk selalu mengingat
Rasulullah Saw. Menjadikan umat lebih mencintai Rasulullah Saw.
Menenggelamkan umat dalam lautan rindu kepada Rasulullah Saw. Setiap
kali karangannya dibaca, sholawat dan salam selalu terlantunkan atas
Baginda Nabi Agung Muhammad Saw.
Kegigihan Sayyid Ja’far dalam Menuntut Ilmu
Semasa
kecilnya beliau telah belajar al-Quran dari Syeikh Ismail al-Yamani,
dan belajar tajwid serta memperbaiki bacaan dengan Syeikh Yusof
as-Su’idi dan Syeikh Syamsuddin al-Misri.
Diantara guru-guru beliau dalam ilmu agama dan syariat adalah:
· Sayyid Abdul Karim Haidar al-Barzanji
· Syeikh Yusuf al-Kurdi
· Sayyid Athiyatullah al-Hindi.
Beliau kemudian berhijrah dan menetap di Makkah selama lima tahun. Di sana beliau belajar kepada para ulama besar, diantaranya:
· Syeikh Athallah ibn Ahmad al-Azhari
· Syeikh Abdul Wahab ath-Thanthowi al-Ahmadi
· Syeikh Ahmad al-Asybuli
Beliau juga telah mendapatkan ijazah dari para ulama besar, diantaranya:
· Syeikh Muhammad ath-Thoyib al-Fasi
· Sayyid Muhammad ath-Thobari
· Syeikh Muhammad ibn Hasan al-‘Ajimi
· Sayyid Musthofa al-Bakri
· Syeikh Abdullah asy-Syubrawi al-Misri
Penguasaannya dalam Ilmu Agama
Beliau
banyak menguasai cabang-cabang ilmu agama diantaranya ialah Shorof,
Nahwu, Manthiq, Ma’ani, Bayan, Adab, Fiqh, Ushul Fiqh, Faraidh, Hisab,
Ushuluddin, Hadits, Ushul Hadits, Tafsir, Hikmah, Handasah, ‘Arudh,
Kalam, Lughat, Sirah, Qiraat, Suluk, Tasawwuf, Kutub Ahkam, Rijal,
Mustholahul Hadits.
Karya-karya Beliau
Karangan beliau cukup banyak diantaranya adalah:
· Al-Birr al-‘Ajil bi Ijabat asy-Syeikh Muhammad al-Ghafil
· Jaliyat al-Kadr bi Asmai Ashshab Sayyid al-Malaik wa al-Basyar
· Jaliyat al-Kurb wa al-Ahadiyyin bi Asma’ Sayyid al-‘Ajam wa al-‘Arab fi Asma’ al-Badriyyin
· Al-Lujjainiy ad-Daniy fi Manaqib asy-Syeikh Abdil Qadir al-Jailaniy
· Ar-Raudh al-Mu’thar fi Maa Yuhaddi as-Sayyid Muhammad min al-Asy’al
· Asy-Syiqaq al-Atrijiyyah fi Manaqib al-Asyraf al-Barzanjiyyah
· Ath-Thawali’ al-As’adiyyah min al-Mathali’ al-Masyriqiyyah
· Al-‘Ariyn li Asma’ ash-Shabat al-Badriyyin
· Fath ar-Rahman ‘ala Ajwibat as-Sayyid Ramdhan
· Al-Faidh al-Lathif bi Ijabat Naib as-Sar’ asy-Syarif
· Nuhudh al-Laits li Jawab Abi al-Ghaits
· ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiyyi al-Azhar (Maulid al-Barzanji).
Kemasyhuran Beliau
Beliau
telah diakui banyak kalangan dan mendapat kedudukan yang dekat di sisi
pembesar Makkah dan Madinah, serta para menteri Kerajaan Utsmaniah.
Kemasyhuran dan kehebatan beliau telah menyebar ke seluruh pelosok dunia
Islam. Karangan-karangan beliau telah diterima dan dipuji oleh para
ulama yang sezaman denganya sehingga tersebarlah tulisan-tulisan beliau
di kalangan para penuntut ilmu.
Sifat-sifat Beliau
Beliau
mempunyai akhlak yang terpuji, jiwa yang bersih, sangat pemaaf dan
pengampun, zuhud, amat berpegang dengan al-Quran dan as-Sunnah, wara’,
banyak berdzikir, senantiasa bertafakkur, mendahului dalam berbuat
kebajikan, gemar bersedekah, dan sangat pemurah.
Penutup
Dari
biografi singkat Sayyid Ja’far Al-Barzanji di atas, jelaslah bagi kita
bahwa beliau bukanlah orang biasa. Bahkan beliau menjabat sebagai Mufti
Madinah al-Munawwarah cukup lama yang mana hal ini menunjukkan akan
ketinggian ilmu beliau dan kesalehan beliau.
Refferensi
- Al-Kawakib al-Anwar Syarh al-Maulid an-Nabawiy,
karangan Sayyid Ja’far ibn al-Barzanji (keturunan Sayyid Ja’far
al-Barzanji) yang wafat pada tahun 1317 H/1899 M. Ditahqiq oleh Syeikh
Nada Farj Darwisy, dan disimak oleh Institut Pengkajian Akademik
Universitas al-Azhar, cetakan Markaz ibn al-Athar li at-Turats, halaman
647-650.
- Kasyf az-Zunun ‘an Asam al-Kutub wa al-Funun, karangan Haji Khalifah, cetakan Dar al-Fikr, Beirut, tahun 1999 M, bab jim “Ja’far”, jilid 5, halaman 211.
- Al-Asybah wa an-Nadzair, karangan al-Imam Jalaluddin as-Suyuthiy, cetakan ketiga Dar al-Kutub al-Ilmiah, Beirut, tahun 2005 M, jilid 2, halaman 225.
- Haul Ihtifaal bi Dzikra al-Maulid an-Nabawiy asy-Syarif, karangan
Prof. Dr. al-Muhaddits al-‘Alim al-‘Allamah as-Sayyid Muhammad bin
‘Alwi bin ‘Abbas al-Maliki, cetakan al-Fithrah, Surabaya, halaman 99.
|
Komentar
Posting Komentar